Pages

Saturday, April 14, 2012

Tayangan televisi, Mendidik atau Tidak?

KOMPASIANA - Di era globalisasi ini, televisi merupakan salah satu benda yang mudah ditemukan. Setiap Keluarga di Indonesia pasti punya televisi. Kotak berisi tayangan-tayangan tersebut seakan menjadi kebutuhan bagi masyarakat khususnya pelajar. Ya, tiada hari tanpa tayangan dari televisi. Namun, dewasa ini tayangan di televisi di Indonesia semakin kurang mendidik. Banyak ditemui sinetron yang (menurut saya) kurang baik untuk ditonton pelajar. Beberapa diantaranya terlalu mengekspos kekerasan yang dapat ditiru oleh pelajar. Masih teringat beberapa tahun yang lalu, seorang pelajar meninggal karena meniru adegan dari televisi. Selain itu, Tayangan yang bersifat edukatif pun kini jarang ditemukan.
Saya pikir, mungkin tayangan yang bersifat edukatif dapat dibuat menjadi suatu tontonan yang menarik. Tidak hanya untuk pelajar, orang dewasa pun dapat menyaksikan tayangan tersebut.
Saya berharap, tayangan di televisi dapat diperkaya dengan program-program yang mendidik yang tentu saja dapat dikemas menjadi suatu tayangan yang menarik untuk ditonton. Tayangan ini dapat berupa kuis maupun film animasi yang tidak membosankan. Orang tua pun turut membimbing anaknya untuk memilih tayangan yang sesuai dengan umurnya. Selain itu, sebaiknya sebelum disiarkan, tayang televisi dapat diseleksi dahulu sehingga tayangan yang kurang baik tidak ditonton oleh pelajar.
Saya yakin, apabila tayangan di Indonesia dapat dikemas dengan baik, tayangan  yang mendidik mendapat peminat yang banyak pula. Dengan begitu, televisi memberikan dampak positif bukan?!

No comments:

Post a Comment